Senin, 12 Maret 2012

PENTINGNYA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BAGI MAHASISWA

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG

Pendidikan kewarganegaraan sebagai dasar pembentukan kualitas diri dalam menumbuh kembangkan kesadaran dalam sikap dan perilaku mahasiswa dalam kehidupan berkebangsaan dan berkenegaraan. Pendidikan kewarganegaraan sesungguhnya bukanlah agenda baru dimuka bumi. Hanya saja proses berkembangan modern yang melanda dunia dan telah mendorong muncul nya pemikiran baru tentang pendidikan kewarganegaraan. Karena itu pendidikan kewarganegaraan sangat sentral dalam mewujudkan mahasiswa mahasiswi Indonesia yang dapat hidup berbangsa dan bernegara yang baik sebagaimana yang diharapkan oleh bangsa dan Negara. Berdasarkan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional, yang diejawantahkan dalam Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan yang menetapkan kurikulum tingkat Satuan Pendidikan Tinggi wajib memuat mata kulian pendidikan agama, pendidikan Kewarganegaraan dan Bahasa Indonesia serta Bahasa Inggris.

1.2 TUJUAN

Tujuan pendidikan kewarganegaraan adalah untuk dapat mewujudkan dan membela negara berdasarkan pancasila dan berlandaskan politik kebangsaan. Sehingga dapat mengembangkan moral dan jati diri bangsa dalam kehidupan berkebangsaan.

BAB 2
PEMBAHASAN/ISI

Sebagai penganut ideologi terbuka, Pancasila senantiasa mampu berinteraksi secara dinamis. Nilai-nilai Pancasila tidak boleh berubah, namun pelaksanaannya harus kita sesuaikan dengan kebutuhan dan tantangan nyata yang akan kita hadapi dalam setiap kurun waktu. Namun demikian, faktor manusia baik penguasa maupun rakyatnya sangat menentukan dalam mengukur kemampuan sebuah ideoogi dalam menyelesaikan berbagai masalah. Sebaik apapun ideologi kalau tanpa didukung oleh sumber daya manusia yang baik, maka ideologi itu hanya menjadi angan-angan belaka.


BAB 3
PENUTUP

1. KESIMPULAN
Dari penjelasan diatas, dapat saya simpulkan bahwa pendidikan kewarganegaraan sangat penting bagi mahasiswa. Dan dapat memberikan wawasan, dorongan serta mampu memberikan bekal dan jalan bagi seseorang untuk memahami, menghayati dan melakukan tingkah lakunya yg sesuai dengan nilai-nilai pancasila.

2. SARAN
Menurut saya pendidikan kewarganegaraan tidak hanya untuk di pahami saja tetapi juga harus kita terapkan dalam sehari-hari kita, memberikan contoh etika yang baik dalam berprilaku berbangsa dan bernegara,.

1 komentar:

  1. teman jangan lupa yah masukin link gunadarmanya k dalam blog kamu. Sekarang kan sudah mulai softskill, sebagai salah satu mahasiswa gunadarma ayo donk masukin link gunadarmanya, misalkan:
    www.gunadarma.ac.id
    www.studentsite.gunadarma.ac.id
    www.baak.gunadarma.ac.id
    www.ugpedia.gunadarma.ac.id
    :)

    BalasHapus